NUTRISI BUMIL

Informasi Lengkap Tentang Kehamilan,Makanan sehat ibu hamil,Persalinan,Ibu Menyusui,Bayi dan Parenting

Minggu, 08 November 2015

7 POSISI MELAHIRKAN LENGKAP DENGAN KELEBIHAN dan KEKURANGANNYA

Nutrisi Bumil – Persalinan merupakan suatu peristiwa fisiologis yang tanpa disadari dan terus berlangsung.Posisi pada persalinan akan mempengaruhi adaptasi anatomi dan fisiologi persalinan.Penolong (Bidan maupun Dokter) dapat membantu ibu hamil yang menghadapi persalinan agar tetap tenang dan rileks.Maka penolong persalinan tidak boleh mengatur posisi meneran.Penolong persalinan harus memfasilitasi ibu dalam memilih sendiri posisi meneran dan menjelaskan alternatif jika posisi meneran yang dipilih tidak selektif.

Sebenarnya tak ada posisi melahirkan yang dianggap paling baik.Setiap ibu hamil berbeda-beda dalam menghadapi persalinan dan menentukan posisi persalinan.Posisi yang paling dianggap nyaman itulah posisi terbaik.Biasanya ketika ibu akan melahirkan Dokter akan meminta anda untuk posisi berbaring atau setengah duduk namun tidak menutup kemungkinan Dokter akan meminta ibu untuk mengubah posisi agar persalinan berjalan seperti yang diharapkan.Sebenarnya dalam melahirkan ada 7 posisi yang biasa digunakan oleh Dokter untuk melahirkan bayi anda.Apa saja posisi melahirkan ? Apa keuntungan dan kekurangan dari posisi tersebut ? Untuk menjawab pertanyaan anda mari kita simak ulasan berikut ini :

7 POSISI MELAHIRKAN LENGKAP DENGAN KELEBIHAN dan KEKURANGANNYA

MACAM-MACAM POSISI MELAHIRKAN (PERSALINAN)

1.Posisi Miring (Lateral)

Bentuk posisi ini ibu akan disuruh berbaring miring ke arah kiri maupun kanan dengan salah satu kaki diangkat dan untuk posisi kaki satunya dalam keadaan lurus.Posisi ini dilakukan apabila posisi kepala bayi belum tepat.

Keuntungannya :

Peredaran darah balik ibu bisa berjalan dengan lancar,pengiriman oksigen dalam darah ibu ke janin melalui plasenta juga tidak akan terganggu sehingga pada proses pembukaan akan berlangsung secara perlahan-lahan.Selain itu juga dapat menjaga denyut jantung janin stabil selama kontraksi,menghemat energi dan baik untuk ibu yang mempunyai tekanan darah rendah.

Kelebihan :

Posisi miring bisa saja menyulitkan Dokter untuk membantu proses persalinan dikarenakan letak kepala bayi susah untuk dimonitor,diarahkan maupun dipegang.Dokter juga akan kesulitan melakukan tindakan episiotomi.Posisi ini juga akan memperlambat persalinan jika penggunaannya tidak tepat.

2.Posisi Setengah Duduk


Biasanya pada posisi ini ibu akan duduk dengan punggung bersandar pada bantal,kaki ditekuk dan paha dibuka kearah samping dan posisi ini mungkin bisa membuat ibu nyaman.

Keuntungannya :

Jalan lahir yang akan ditempuh bayi untuk bisa keluar jadi lebih pendek dan suplai oksigen dari ibu kejanin juga akan dapat berlangsung secara maksimal.Selain itu anda juga akan mendapatkan batuan gaya gravitasi walaupun Cuma sedikit dan posisi ini tidak akan menggangu dalam epidural,pemasangan infus,cateter,CTG.

Kekurangannya :

Posisi ini dapat menimbulkan keluhan lelah dan rasa sangat pegal pada punggung anda.Biasanya posisi ini akan lebih menyakitkan dibandingkan posisi lainnya dan gerakan anda akn dibatasi.Dapat meningkatkan forcep dan vakum serta dapat meningkatkan tekanan pada perineum yang dapat menimbulkan resiko robek.

3.Posisi Berbaring ( Litotomi)

Biasanya bunda akan disuruh terlentang ditempat tidur bersalin dengan menggantung kedua pahanya pada penopang kursi yang khusus untuk bersalin.

Kelebihan :

Pada posisi ini jalan lahir akan menghadap kedepan dan mudah untuk mengukur perkembangan dan pembukaan dan waktu persalinan anda.Kepala bayi akan mudah diarahkan dan dipegang.

Kekuranganya :

Posisi berbaring akan membuat ibu hamil akan sulit mengejan pada saat prose kelahiran bayi.Dapat meningkatkan tekanan pada peri perineum yang dapat membuat robekan dan derajad episitomi,Pembukaan panggul sempit tidak akan maksimal.

4.Posisi Jongkok

Pada posisi ini biasanya ibu menghadapi persalinan dengan posisi jongkok diatas bantalan empuk yang berguna untuk menahan kepala bayi dan tubuh bayi.

Kelebihannya :

Merupakan posisi yang sangat alami saat melahirkan karena memanfaatkan gaya grevitasi bumi,sehingga ibu melahirkan gak usah terlalu kuat untuk mengejan.

Kekurangannya ;

Dapat berpeluang membuat cidera kepala bayi,posisi ini banyak dinilai kurang menguntungkan karena sangat menyulitkan pemantauan perkembangan pembukaan dan tindakan persalinan lainnya.

5.Posisi Berlutut

Posisi ini merupakan opsi untuk persalinan.Beberapa proses persalinan yang mengalami kesulitan akan dilakukan perubahan posisi yang dapat membantu proses persalinan berjalan lancar.

Keuntungannya :

Dengan posisi bersandar kedepan akan membantu untuk meringankan ibu dari rasa sakit persalinan dan dapat mengurangi tekanan pada perineum sehingga robekan perineum akan jarang terjadi serta memungkinkan pasangan untuk melakukan pijatan atau kompres hangat pada punggung anda.

Kekurangannya :

Mungkin hampir tidak ada kekurangan dalam posisi ini

6.Posisi Merangkak

Tips : Dalam posisi ini yang terpenting adalah menjaga agar lengan vertikal dengan bahu anda dan tidak jauh kebelakang atau kedpan tidak boleh lebar dari bahu anda sehingga tidak akan membuang energi namun juga memungkinkan tubuh anda beristirahat dilengan anda.

Keuntungannya :


Posisi ini dapat membantu meringankan rasa sakit,posisi ini juga sangat bagus untuk bayi anda yang berukuran besar,dapat juga membantu jika terjadi prolaps tali pusat untuk mencegah tali pusat semakin menumbung dan lebih sedikit beresiko terjadinya robekan perineum.

7.Posisi Berdiri Tegak

Posisi berdiri tegak mungkin kurang dimanfaatkan dari semua posisi lahir.Sebenarnya posisi tegak juga termasuk posisi baik karena manfaatnya banyak sekali salah satunya anda dapat bergerak dengan mudah yang dapat mempercepat proses persalinan dan membantu bayi anda dalam posisi yang sangat baik.Beberapa variasi posisi tegak dengn cara berdansa dengan pasangan,berdiri saling berhadapan dengan menggoyang maju mundur dan melingkari untuk mempermudah bagian terendah janin segera turun kejalan lahir.Posisi ini sangat baik pada saat kala I.

Keuntungannya :

Posisinya mudah bergerak dan bisa menjaga napas saat anda mengejan,membuat orang lain mudah untuk memijat ,membuat kontraksi lebih efektif,mempercepat tahap pertama persalinan,mengurangi permintaan obat sakit epidural,berdiri dalam posisi asimetris juga dapat membantu bayi bergerak dalam posisi yang baik,posisi tegak untuk kelahiran bayi menggunakan besar gravitasi.

Demikianlah beberapa posisi dalam persalinan atau melahirkan bayi.Sebenarnya posisi dikatakan baik apabila membuat anda merasa nyaman dan setiap ibu hamil akan berbeda-beda.Semoga posisi persalinan diatas dpat menambah wawasan anda khususnya para ibu hamil muda.Semoga bermanfaat.

Sumber : bidankita.com
Author Profile

About Wahyu Wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

Back To Top